Home / Berita / Sudah Banyak Resor yang Menerima Sepeda Ski, tapi dengan Peringatan

Sudah Banyak Resor yang Menerima Sepeda Ski, tapi dengan Peringatan

Untuk sepeda ‘pegger‘ gaya bebas dan ‘skibob’, masalah manajemen risiko tetap ada.

Dari hari Jumat hingga Minggu ini (24-26 Februari), para penggemar sepeda ski akan berkumpul di Durango, CO untuk merayakan Festival Purgatory SkiBike tahunan yang ke-15. Acara ini menarik kerumunan peserta yang sehat dan produsen sepeda ski, tetapi penyelenggara selalu kesulitan untuk melibatkan orang lewat yang penasaran.

“Purgatory mengharuskan Anda memiliki lisensi sepeda ski,” kata Melanie Kimball, VP American SkiBike Association. “Jika seseorang ingin mencoba sepeda, mereka harus membayar biaya belajarnya terlebih dahulu, yaitu [1,3 juta rupiah]… yang mana akan sulit untuk membawa orang baru.”

Melanie dan suaminya Randy – yang menjabat sebagai Presiden American SkiBike Association – memiliki misi untuk meningkatkan aksesibilitas sepeda ski di resor di seluruh penjuru negeri, dan memiliki kemampuan untuk lebih mudah mendemonstrasikan sepeda di berbagai acara hanyalah segelintir dari tujuan yang ada. Kimball percaya bahwa perlu ada banyak keseragaman untuk peraturan dan regulasi bersepeda ski.

Memang, persyaratan di setiap area ski sangat bervariasi. Beberapa resor memerlukan pelajaran dan lisensi khusus area ski. Sedangkan ada juga yang  menerima lisensi yang dikeluarkan dari resor berbeda, bersamaan dengan sedikit biaya layanan. Area taman masih dilarang bagi pengendara sepeda ski di beberapa area ski; di tempat lain mereka adil. Perselisihan khusus untuk pasangan adalah persyaratan di banyak resor bahwa foot-ski harus mengenakan di lift kursi. Meskipun pengendara skibob selalu memakai foot-ski, pengendara sepeda ski gaya bebas tidak memakainya.

Regulasi Mengenai Sepeda Ski

Perjuangan Kimball untuk bisa diterima khalayak umum bukanlah perkara yang mudah. Keduanya harus bersaing dengan undang-undang trem serta kebijakan manajemen risiko di setiap resor individu.

“Masalah keamanan resor sangat banyak,” jelas David Byrd, direktur urusan risiko dan peraturan di Asosiasi Area Ski Nasional.

“Masih ada pertimbangan penting dari perspektif manajemen risiko, termasuk kemampuan tamu yang belum terbiasa dengan sepeda ski untuk mengoperasikannya dengan aman di gunung, kekhawatiran dengan kecepatan sepeda dan kemampuan tamu untuk menghentikannya dengan cepat,” kata Byrd. “Selain itu, ada beberapa sepeda ski yang mungkin lebih mudah untuk dimuat dan dibongkar di lift, dan tentu saja akan selalu ada pertimbangan tentang kemampuan untuk mengevakuasi sepeda ski jika terjadi insiden kursi gantung atau cuaca buruk yang memerlukan evakuasi.”

Konon, jumlah area ski yang mengizinkan sepeda ski sudah bertambah. Dua puluh tahun lalu, satu-satunya resor di Colorado yang menawarkan sepeda ski adalah Peternakan Granby (sebelumnya bernama Silver Creek). Sekarang, setiap area ski utama di negara bagian sudah mengizinkan adanya sepeda ski.

Rod Ratzlaff, pendiri Asosiasi Sepeda Ski Amerika, tidak lagi terlibat dalam advokasi sepeda ski sehari-hari, tetapi dia masih memantau resor yang mengizinkan sepeda ski di situs webnya, ski-bike.org. Dari wilayah California sampai Maine, area ski perlahan-lahan ikut serta dalam tren sepeda ski.

“Ada sedikit pertumbuhan dalam setiap tahun,” kata Ratzlaff. “Vail Resorts mulai bergabung pada 2013; Saya melihat itu sebagai tanda kemajuan. Ini seperti papan seluncur salju di tahun 80-an dan 90-an; kebanyakan resor tidak mengizinkannya, dan sedikit demi sedikit, mereka membuka pintunya. Bersepeda ski juga akan segera tiba. Ini adalah olahraga yang luar biasa.”

Daya Tarik Sepeda Ski

Salah satu produsen sepeda ski yang paling terkenal luas di bidang ini adalah Brenter, yang berbasis di Austria; sejumlah resor menampilkan sepeda skibob dalam armada persewaan mereka. Namun, merek lain, seperti 3Ski, SNOGO, Sledgehammer, dan Lenz Sport, semakin mendapatkan daya tarik.

“Keuntungan kami naik di musim dingin ini setidaknya 25 persen,” kata Devin Lenz, pemilik dari Lenz Sport.

Daya tarik bersepeda ski sangatlah beragam, mulai dari balita yang terbiasa dengan salju hingga atlet muda yang mencari sensasi baru dalam suasana area bersalju. Kimball mengatakan bahwa “baby boomer yang menua” merupakan demografis terbesar dalam olahraga tersebut, dan persentase pengguna bersepeda yang signifikan karena cacat fisik. Banyak pengendara sepeda ski – dari segala usia – menjadi puitis tentang skibob dengan sepeda ski. Bernostalgia bertahun-tahun yang lalu bahwa ia dapat menjalankan pohon di atas skibob dengan kendali yang besar, Ratzlaff tidak pernah kembali ke ski alpen tradisional.

“Dengan skibob khususnya, Anda harus bisa mempelajari dasar-dasarnya dan mulai nyaman berkendara di medan biru yang moderat dalam satu hari,” katanya. “Itu adalah sesuatu yang tidak dapat orang lain komentarin tentang perangkat seluncur salju mereka.”

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our newsletter